Friday 15 August 2008

Kenyataan Mengenai Pengambilan Gambar Pembukaan Olimpiade Beijing 2008

Pengambilan gambar Opening Ceremony Olimpiade Beijing 2008 yang dikatakan telah disisipkan animasi komputer ke dalam siaran yang disiarkan ke seluruh dunia sampai sekarang belum bisa dijamin kebenarannya. Pasalnya, semua stasiun televisi di seluruh dunia yang hendak mneyiarkan acara bergengsi tersebut di negaranya wajib membeli dan mendapatkan ijin siaran dari pihak Olimpiade, yang tak lain tak bukan adalah Yunani. Sebelumnya, dikatakan bahwa pihak China menyisipkan animasi komputer ke dalam siaran di seluruh dunia agar tampak bahwa Opening Ceremony yang diselenggarakan olehnya tampak begitu megah dan memukau. Namun, ternyata semua persepsi orang-orang salah. China tidak tahu-menahu soal pengambilan gambar. Mereka hanya bertanggung jawab dalam pelaksanaan Olimpiade Beijing 2008 tersebut. Pertanyaan yang muncul sekarang adalah, apabila memang yang telah kita tonton di televisi mengenai Opening Ceremony tersebut adalah animasi komputer, apa tujuan pihak Yunani melakukan itu? Untuk mengharumkan nama China? Atau untuk memberi tekanan kepada Inggris yang merupakan penyelenggara Olimpiade berikutnya dalam penyelenggaraan Opening Ceremony yang bisa menandingi China?

Saya rasa semua itu tidak masuk akal. Tidak ada keuntungan sedikitpun bagi pihak Yunani untuk perbuatannya tersebut. Jadi, apakah masih ada alasan untuk mengatakan kembang api yang kita lihat dalam Opening Ceremony tersebut adalah animasi komputer?

Malahan sekarang, pihak Yunani sedang digugat oleh pihak China mengenai pengambilan gambar tersebut. Kembang api yang begitu memukau dan dinyalakan dari seluruh pelosok kota Beijing itu hanya disorot dari luar stadion "Niao Chao". Padahal sesungguhnya, atraksi itu akan lebih memukau bila disorot mulai dari dalam ke luar. Nah, sekarang, apakah masih ada yang bisa bersikeras mengatakan bahwa itu adalah animasi komputer sementara pihak China begitu percaya diri dalam menggugat pihak Yunani tersebut?

No comments: