Saturday 16 August 2008

PERSAHABATAN YANG MENDALAM

Ada seorang gadis bernama X yang pernah hidup di sebuah dimensi berusia 3 tahun. Dalam waktu yang lumayan lama tersebut, X bertemu banyak hal yang berbeda dari kehidupannya sebelumnya.

Tahun pertama dia di dimensi itu, dia bertemu Y di sebuah perkempulan yang diikutinya. Y dan dia tampak sangat cocok dan nyambung. Mereka sangat cepat akrab dan menjadi teman baik. Kemanapun selalu berdua. Ada X, ada Y. Begitu pula sebaliknya. Hal itu terus berlangsung sampai akhirnya X mengenal Z. Z, sesungguhnya tidaklah jahat. Namun karakter buruknya yang selalu berpikiran negatif kepada orang-orang dan selalu akan menceritakan apa yang dipikirkannya itu kepada teman dekatnya, membuat rusak hubungan X dan Y. X dan Z juga sangat cocok dan akrsehingga Z selalu menceritakan apa yang dipikirkannya kepada X. Salah satu topik yang selalu diceritakan kepada X adalah tentang keburukan Y. Semua keburukan Y yang diceritakan padanya itu memang sesungguhnya telah diketahui oleh X. Namun, dengan gaya bahasanya yang pandai, Z berhasil membuat pikiran X menjadi terpengaruh dan berpikiran jelek pada Y. Tanpa sadar, menjauhlah ia dari Y.

Hal ini berlangsung agak lama sampai akhirnya X menyadari bahwa dia telah salah menilai Y. Dia akhirnya menyadari sesungguhnya Y sangat baik kepadanya dan menganggapnya benar-benar teman. Akhirnya, kembalilah X berteman dengan Y.

Tahun kedua, X tidak lagi satu perkumpulan dengan Y. Namun, mereka selalu bertemu di waktu senggang dan saling berbagi cerita satu sama lain. Mereka tetap akrab. Tapi biarpun begitu, tetap saja X sendirian di perkumpulannya yang baru. Bertemulah X dengan W. W adalah seorang gadis yang cantik, lemah lembut dan baik hati. W berbeda dunia dengan X, dari kesukaannya hingga sifatnya, semua bertolak belakang. Berbeda dengan Y yang hampir 100% sama dengan X. Namun, itu tidak menjadi persoalan. X yang selalu senang mengenal teman baru dan W yang sangat pandai mengerti dunia orang lain, membuat persahabatan yang sangat erat tercipta di antara mereka. Bagi X, W bukanlah sekedar teman biasa. Dia adalah sahabat terbaiknya yang memberi warna baru dalam hidupnya. Sebelumnya X memang punya banyak teman, tapi W istimewa. Persahabatannya dengan W selalu ingin dikacaukan oleh orang lain. X difitnah di depan W dan dibuat jelek di matanya. Tapi W sangat mempercayai X. W buat X percayakalau kekuatan persahabatan itu benar-benar ada.

Tahun ketiga, pasangan X dan W bertemu lagi di perkumpulan berikutnya. Awalnya, mereka masih sangat cocok dengan X. Tapi semua itu berubah. Hal itu disebabkan oleh kehadiran Z. Di luar dugaan, ternyata W mempunyai dunia yang sama dengan Z. Mereka sangat cocok. Akhirnya, mereka berteman dekat. Sifat buruk Z yang tidak pernah berubah mulai beraksi. Dia menceritakan pikiran negatifnya kepada W, yang sekarang menjadi teman baiknya. Kali ini yang menjadi korbannya adalah X. W yang terkadang mudah terpengaruh, menjadi sangsi terhadap sahabatnya itu. Terlebih lagi, W mulai berubah belakangan ini disebabkan oleh masalah-masalah yang dihadapinya. Mulailah W tidak lagi begitu dekat dengan X. Bahkan, tergolong menjauh, cuek, dan dingin.

yang telah sangat mengenal Z, mulai menyadari hal itu. Tak usah berbingung lama-lama untuk mengetahui penyebab hal itu terjadi. X tahu betul Z-lah yang berulah. Penyesalan sempat terjadi, karena dulu X selalu ceritakan hal baik tentang Z kepada W, tanpa ceritakan keburukannya. Mungkin itu salah satu kesalahannya, hingga W bisa percaya 100% pada Z. Namun X tidak bertindak apapun. Dia tahu setiap orang punya kebebasan bertemannya masing-masing. X pun hanya bersikapbiasa terhadap W yang sangat dingin kepadanya. alam hati X, ia bertekad. Saat gembira W akan berbagi keceriaannya kepada orang lain, dan bukan lagi padanya. Namun ia bersumpah bahwa di saat kesulitan dan tak ada yang mau mendengarkan keluh kesah W, sahabat yang bagaikan saudaranya itu, dialah yang akan ada untuknya, meski harus dari belakang.

Semua itu, dilakukan X demi sebuah arti persahabatan yang mendalam.

1 comment:

Butetaholic said...

gw tau siapa yg lo maksud X,Y,Z itu...
hahaha...